01 September 2009

Profile TrulyChoco di Tabloid kuliner LeZAT Edisi Khusus VOL 06 2009

TrulyChoco berbagai Resep, pengalaman, Tips seputar pembuatan cokelat praline di Tabloid kuliner LeZAT EDISI KHUSUS wirausaha kuliner Vol 06 2009.
Buat Teman-teman yang ingin tahu cara melelehkan coklat, cara membuat coklat praline, resep coklat praline ala TrulyChoco dengan bahan yang sederhana namun bisa menghasilkan rasa yang bervariasi dan lezat, TrulyChoco bagi-bagi sedikit pengalaman disini.

Berawal dari dapur dan alat-alat dapur coklat-coklat cantik bisa anda buat sendiri. Dengan berbekal ketelatenan dan kreativitas andapun bisa memulai usaha seperti yang dijalankan TrulyChoco.

Berikut beberapa tips dalam pengolahan coklat praline bagi pemula sehingga kegagalan dalam membuat coklat praline bisa diminimalkan:
  • Bahan dasar membuat coklat praline adalalah coklat batangan yang terdiri dari : coklat putih (white chocolate), cokelat hitam/pekat (dark chocolate), coklat susu (milk chocolate). Bahan dasar bisa menggunakan coklat compound atau cokelat couverture untuk hasil yang lebih lembut dan berkualitas.
  • Untuk bahan isi praline anda bisa menggunakan kacang-kacangan seperti kacang mede/mente, kacang tanah, almond, kacang makadamia,kenari,dll. bisa juga diisi dengan buah-buahan kering seperti kismis atau juga selai buah-buahan seperti selai blueberry, raspberry, strawberry, lemon, apricot,dll yang banyak tersedia di toko bahan kue.
  • Gunakan bahan dari stainlessteel sebagai wadah untuk memanaskan / mencairkan coklat (jangan gunakan plastik atau melamin)
  • Saat mengetim coklat sebaiknay gunakan api kecil, kalau terlalu panas segera matikan apinya.(jika suhu terlalu tinggi coklat justru menggumpal dan menjadi kental)
  • Agar teksturnya halus dan tidak menggumpal aduk-aduk saat mengetim dan jangan sampai ada air yang masuk dalam adonan, karena cokelat bisa rusak jika terkena sedikit saja air.
tips pengolahan coklatnya monggo dicoba, kalau udah jadi jangan lupa untuk minta pendapat dari orang-orang terdekat sebelum menjualnya ke pasar. Moga bermanfaat :)